Science is fact..more and more science is spread, the faster it develops and hopefully can be used to create a better life. In this blog I write science interesting to me. Finally, I wish you good reading and enjoying this blog :).
RSS

Selasa, 07 Desember 2010

Grene, Plastik yang Terurai

Plastik kerap kali menjadi penyebab terjadinya banjir dan kerusakan lingkungan. Karena plastik pula, banyak saluran air (drainase) menjadi tersumbat. Namun saat ini, muncul Grene, plastik berbahan baku Polythylene Degradble Grade Asrene dengan kode SF5008E yang diperoleh dari kilang minyak bumi. Bahan baku tersebut kemudian menjadi ethylene dan propylene. Di tanah air, plastik ini diproduksi pada Agustus 2010 lalu. Bahan-bahan itu kemudian dijadikan biji plastik (resin polethylene) dan kemudian diproduksi menjadi kantong plastik melalui pabrik Chandra Asri di Cilegon.

Keistimewaan plastik tersebut dibanding plastik-plastik lainnya karena dia bisa hancur dalam tempo waktu 6 bulan jika terkena sinar matahari. Bahkan hebatnya lagi, hasil hancurnya plasti k tersebut tidak memiliki efek. Plastik itu langsung terurai oleh mikroorganisme dan melebur menjadi karbondioksida (CO2) serta air. “Biasanya plastik itu hancurnya sampai ratusan tahun” kata corporate secretary Chandra Asri, Suhat Miryaso. Menurutnya, kekutan plastik tersebut sama dengan plastik konvensional, namun harganya sedikit lebih mahal 1,5% dibanding plastik konvensional. Namun harga ini sebanding dengan pencegahan kerusakan lingkungan akibat banjir yang umumnya disebabkan oleh sampah plastik. Selain mudah terurai, plastik jenis ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal dan dapat dibuat sebagai pembungkus makanan-makanan basah secara langsung.

Sumber: Republika, kabar Jabar , senin 6 desember 2010, hal.22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar